Sunday 2 July 2017

Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS - Galeri Guru

Selamat datang Sahabat galeri Guru dengan saya sebagai admin Blog galerguru.net.

Untuk sahabat galeri guru (bapak/ibu) pada kesempatan malam ini saya akan memberikan pembahasan sesuai dengan judul yang saya buat yaitu tentang  "Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS". Selain pembahasan yang akan saya uraikan dibawah nanti tentunya sebagai penunjang kerja seorang guru (kepala sekolah) sebagai pemimpin di satuan pendidikan Sekolah/Madrasah sudah mengetahui apa itu RKAS?.

 Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS - Galeri Guru

RKAS adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terdapat perencanaan kerja yang terkait dengan Belanja Sekolah sesuai dengan Anggaran masing-masing sekolah/madrasah. Tentu saja setiap lembaga sekolah/madrasah diwajibkan untuk membuat RKAS, yang mana RKS ini dilaksanakan pada setiap tahun anggaran maupun anggaran tahun pelajaran. Dari RKAS ini bertujuan untuk di tunjukan agar sekolah/madrasah memiliki perencanaan yang tepat sehingg setiap anggaran sekolah/madrasah telah teralokasi dengan pembelanjaan yang sesuai dengan kegiatan yang sudah diagendakan oleh kepala sekolah.

Adapun untuk langkah-langkah dalam penyusunan RKAS itu sendiri terdapat beberapa point penting yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah/madrasah, antara lain:
  • Kalender Pendidikan - - Dari kalender pendidikan ini berfungsu sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam pembuatan perencanaan pembelanjaan sekolah, selain itu kalender pendidikan ini bisa berkoordinir dengan pihaj pendidikan yakni UPT Dinas pendidikan kecamatan maupun Dinas Kabupaten/kota terkait dengan kegiatan yang di laksanakan selama 1 tahu  kedepan.
  • Standar Upah dan harga - - Dari Standar upah dan harga inilah sangat penting, karena setiap masing-masing daerah pasti memiliki standar upah dan harga yang telah tetapkan oleh Bupati tiap kabupaten/kota. Setiap pembuatan RKAS tentunya kita harus memperhatikan hal seperti ini, karena apa bila kita menyusun RKAS dengan jenis belanja yang berlebihi standarisasi harga, maka kita dapat dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.
  • Analisi Kegiatan harga - - untuk bagikan yang terakhir ini adalah analisis kegiatan dan harga. Setelah kita melakukan jadwal dan mengetahui akan adanya standar upah dan harga, langkah selanjutnya adalah kita dapat memasukannya dalam sebuah analisis belanja yang sesuai dengan jenis-jenis kegiatan yang ada di lembaga sekolah/madrasah masing-masing. Dalam kegiatan dan membuat suatu analisis kita harus benar-benar mengetahui akan aturan tentang barang apa yang diperbolehkan untuk dimasukan dalam kebutuhan belanja sekolah. Untuk melihat aturan dari belanja barang untuk sekolah, tentunya kita harus melihat pada juknis BOS yang sesuai dengan JUKNIS BOS dari pemerintah pusat.
Itulah yang dapat saya uraikan secara singkat dari  Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS dengan baik dan benar yang berdasarkan pada JUKNIS BOS. Dan selanjutnya bagi bapak/ibu yang belum mempersiapkan pembuat RKAS sekolah, berikut ini akan saya sediakan satu aplikasi RKAS sekolah yang sudah di sesuiakan dengan JUKNIS BOS tahun 2017.

Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS - DOWNLOAD

Demikianlah yang dapat saya informasikan dari artikel singkat diatas, semoga dengan adanya  Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS - Galeri Guru ini dapat memberikan manfaat serta pemahanan untuk bapak/ibu di sekolah sebagai kepala sekolah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Langkah - Lankah Dalam Menyusun RKAS - Galeri Guru
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.